Kamis, 02 Januari 2020

Seni Berbicara Larry King

Berbicara memang kemampuan dasar yang harus dimiliki manusia. Ia serupa alat vital yang tanpa kehadirannya peradaban manusia tidak akan berlangsung lama. Ledakan revolusi kognitif pada manusia ditandai dengan peningkatan komunikasi dan berbahasa pada manusia. Wajar saja bila kemampuan satu ini perlu kita kuasai dengan baik.

Tidak sedikit buku-buku yang membahas tentang cara berkomunikasi dan seni berbicara. Salah satunya yang ditulis oleh Larry King, Pembawa Acara ternama dari Amerika yang telah berkarir puluhan tahun. Ia host tetap pada acara Larry King Live, program talkshownya setahun lebih awal dibanding The Oprah Winfrey Show. Walau demikian, keduanya terhitung sebagai pemabawa acara kawakan di pentas pertelevisian.

Jika diperhatikan gaya Larry King dalam beberap talkshownya, ia begitu pandai membuat narasumber nyaman berbicara dengannya. Caranya menyampaikan pertanyaan begitu menarik bintang tamu untuk memberikan jawaban sedetail-detailnya. Bahasa tubuhnya, empatinya serta mimik muka dan intonasi suaranya menunjukkan betapa ia memberikan minat yang besar terhadap lawan bicaranya. Dan Satu hal lagi, ia memberikan respon yang bersahabat.

Ada satu pesan yang nampaknya perlu kita catat baik-baik, kemampuan mendengar adalah cara paling mendasar dalam berkomunikasi. Banyak orang bertanya apa kabar namun tidak benar-benar mendnegarkan jawabannya/ Ini adalah hal paling menjengkelkan. Seperti basa-basi sekali lalu yang memuakkan. Jangan sampai yah!

Seni Berbicara ala Larry King

0 komentar:

Posting Komentar